SEKILAS TENTANG SMK BHAKTI LUHUR MALANG

Foto saya
Jln. Raya Dieng 40 Malang, Jawa Timur, Indonesia
Sekolah Menengah Pekerjaan Sosial, Bidang Keahlihan : Pekerjaan Sosial Bidang Pelayanan Sosial/Rehabilitasi Dan Perawatan Anak Panti Dan Perawatan ABK ? OBK (Anak Berkebutuhan Khusus / Orang Berkebutuhan Khusus) Status : Terakreditasi A

Sabtu, 05 September 2009

OPINI

SOSIAL WORKER, SEBUAH PROFESI

Ditengah masyarakat tidak asing lagi dengan profesi seorang dokter, guru,, pengacara,artis, wartawan,akuntan, psikolog dan lain-lain. Dan tentunya untuk meraih sebuah profesi tersebut tidak semudah membalikan tangan atau layaknya seorang pesulap…bim salabim …abracadabrak…. Jadilah guru,dokter apalagi..….konglomerat. Semuanya itu bisa terwujud tentunya melalui proses yang panjang dan berkesinambungan.
Profesi adalah suatu keahlian dan ketrampilan, jadi orang yang berprofesi adalah orang yang mempunyai keahlian dan ketrampilan dalam bidangnya. Pekerjaan social kegiatan pelayanan professional yang didasarkan pada ilmu pengetahuan dan ketrampilan dalam relasi kemanusiaan yang bertujuan untuk membantu individu baik secara perorangan maupun didalam kelompok untuk mencapai kepuasan dan ketidak tergantungan secara pribadi dan social (Freud Lander).
Pekerjaan Sosial adalah profesi yang boleh dikatakan “ langka” kurang dikenal oleh orang kebanyakan. Mereka menyamaratakan bahwa Pekerja Sosial sama dengan Petugas Sosial atau baby sister atau sejenisnya…….Ini tidak benar !!! Petugas social boleh dari kalangan manapun yang berniat melaksanakan tugas-tugas social sedangkan “ Pekerja Sosial “ orang yang khusus dibekali dengan keahliaan dan ketrampilan khusus di bidang layanan social,tidak sekedar pelaksana/ pelaku tetapi pengambil / penuntun kebijakan untuk kesejahteraan social.
SMK Bhakti Luhur, Sekolah Kejuruan yang mempersiapkan siswanya menjadi calon-calon pekerja social professional. Terlalu muluk kedengarannya ……tetapi kenyataan membuktikan bahwa alumnus SMK Bhakti Luhur telah banyak yang bekerja di bidang layanan social baik di Rumah –rumah Sakit, Panti-panti Sosial, Sekolah –sekolah berkebutuhan khusus, Sekolah-sekolah Inklusi, dan Lembaga Layanan Sosial serta lembaga layanan umum lainnya.
Lapangan pekerjaan alumnus SMK Bhakti Luhur kedepan diharapkan bisa menanggulangi kemiskinan,pasien gangguan jiwa, pecandu narkoba, bimbingan PSK, bimbingan konseling, pelayanan kepemudaan(Karang Taruna), JAMSOSTEK dan pelayanan untuk perkampungan kumuh, gelandangan pengemis dan daerah suku terasing.
Spesialisasi pendidikan dan latihan siswa SMK Bhakti Luhur khusus perawatan dan pelayanan anak/ orang berkebutuhan khusus, tetapi tidak menutup kemungkinan mereka mendapatkan pelajaran tentang permasalahan social umum lainnya. Kompetensi siswa SMK rumpun kesejahteraan masyarakat bidang pekerjaan social menurut DIKMENJUR Pusat ada tiga yaitu : Mengadakan Kontak, Mengidentifikasi Masalah dan membuat Studi Kasus. Akan tetapi siswa SMK Bhakti Luhur mampu melampui ketiga kompetensi yang ada, mereka sampai pada tahap Intervensi/proses pemberian bantuan dan evaluasi terminasi layanan……………………
Berkompetensi dengan SMK lain ?????????? Mereka mampu !!!!!! Dengan mengikuti Diklat 4 tahun, mereka lebih mandiri, dewasa dalam segala hal, ditempatkan di asrama hidup berkomunitas, bimbingan mental spiritual dan kepribadiaan yang mantap….mereka mampu menjawab tantangan zaman…………yaitu menjadi asisten pekerja social para profesiopnal itulah status mereka…….. Sungguh Membanggakan !!!!!! ( Cisilia Tri Mandarsih adalah Guru Mata diklat Studi Kasus dan sebagai Koordinator Program Sistem Ganda(PSG) SMKBL)

1 komentar:

  1. AKU ALUMNI SISWA SMK BHAKTI LUHUR AKU MERASA BANGGA PERNAH MENGENAL SMK INI KARENA DI SANA LAH AKU BISA MENGENAL DAN BELAJAR DAN JUGA BEKERJA.MAJU TERUS DAN SUKSES SELALU

    BalasHapus